MENGENAL SISTEM OPERASI LEBIH JAUH


Nama    : Ida Bagus Kade Taruna
NIM    : 1705551009
Prodi    : Teknologi Informasi
Fakultas  : Teknik
Universitas   : Udayana
Mata Kuliah  : NOS
Dosen    : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT



Sistem operasi adalah suatu perangkat yang memastikan bahwa perangkat keras dapat bekerja dan berjalan sebagaimana mestinya sekaligus menjalankan berbagai macam jenis perangkat lunak. Peran dari sistem operasi ini sangatlah penting untuk menyelaraskan kinerja dari perangkat keras dengan perangkat lunak. Aplikasi yang terdapat pada di gadget dan komputer tidak akan dapat dijalankan apabila tidak ada sistem operasi karena prosesnya terhenti pada tahap awal.

Beberapa fungsi yang dimiliki oleh sistem operasi adalah :

1. Menjalankan sistem dasar

sistem operasi berfungsi untuk mengatur kinerja suatu sistem. Dapat dipastikan semua program tidak akan berjalan sebagaimana mestinya dan mesin luarnya saja yang bekerja jika sistem operasi tidak ada.

2. Mengawasi kinerja perangkat komputer

OS mengatur semua fungsi agar dapat berjalan sesuai prosedur sehingga perangkat yang digunakan tidak terasa berat atau lambat dan tidak rusak. Adanya suatu error disebabkan karena sistem terlalu bekerja keras sehingga mengakibatkan down.

3. Sebagai tampilan

sistem operasi memudahkan aplikasi dalam menjalankan perangkat lubak serta memberikan tampilan yang menarik. Semua data dan bahasa diterjemahkan oleh sistem operasi sehingga tercipta tampilan grafik, angka, dan gambar yang rapi. Kinerjanya memudahkan pengguna dalam memahami penggunaan perangkat lunak.

Perlu diketahui bahwa jenis sistem operasi tidak hanya satu jenis saja, namun terdapat beberapa jenis sistem operasi yang masing-masing jenisnya memiliki peranan yang berbeda. beberapa jenis sistem operasi yaitu sistem operasi stand alone, sistem operasi live CD, sistem operasi embedded, dan sistem operasi jaringan. untuk mengetahui masing-masing jenis lebih jelas dapat dilihat pada uraian berikut.

1. Sistem operasi stand alone

Sistem operasi ini dapat berdiri sendiri dan memiliki beberapa fitur yang cukup lengkap. Selain itu sistem operasi stand alone dapat digunakan untuk single user dan juga multi user. Beberapa contoh dari sistem operasi stand alone diantaranya adalah Microsoft Windows, Linux dan Mac Os.

2. Sistem operasi live CD

Untuk menjalankannya sistem operasi ini hanya perlu menggunakan perangkat CD / DVD room tanpa perlu menginstal secara permanen di komputer. Jenis sistem operasi yang satu ini cukup ringan untuk dijalankan, hal ini dikarenakan ukurannya yang terbilang cukup kecil

3. Sistem operasi embedded

sistem operasi ini tertanam langsung pada komputer dan tidak bisa berdiri sendiri. Beberapa contoh sistem operasi Embedded antara lain JavaOS, Embedded Linux, LynxOS, eCOS dan masih banyak yang lainnya.

4. Sistem operasi jaringan

Sistem operasi jaringan merupakan sebuah sistem operasi yang khusus dibuat untuk menangani keperluan jaringan. Beberapa layanan yang ditawarkan dari sistem operasi jaringan diantaranya adalah Sharing Printer, DNS Service, Http Service dan masih banyak yang lainnya. Beberapa contoh sistem operasi komputer jaringan antara lain Windows Server, Novell NetWare dan Red Hat.

Setelah mengetahui jenis-jenis sistem operasi, selanjutnya akan diuraikan mengenai macam-macam sistem operasi. MAcam-macam sistem operasi adalah sebagai berikut.

1. Unix
2. Windows
3. Ms. DOS
4. LInux
5. MAc OS


Referensi :
I Putu Agus Eka Pratama. 2019. “Materi Pertemuan 1 Network Operating System”. Jimbaran.
Universitas Udayana




SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "MENGENAL SISTEM OPERASI LEBIH JAUH"

Post a Comment