Praktek Instalasi Web server serta Multiprocessing-Network Operating System

Nama    : Ida Bagus Kade Taruna
NIM    : 1705551009
Prodi    : Teknologi Informasi
Fakultas  : Teknik
Universitas   : Udayana
Mata Kuliah  : NOS

Dosen    : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT


Web Server adalah sebuah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaan berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web  dam mengirimkan kembali haslnya dalam bentuk halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Fungsi utama dari Web server adalah untuk melakukan atau mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan instalasi web server menggunakan XAMPP, eksekusi command top, htop, dan perbandingan hasil top dan htop menjalankan banyak aplikasi pada sistem operasi Linux.

1. Download dan Install Web Server
Web sever yang digunakan pada artikel ini XAMPP. Web server yang dapat digunakan tidak hanya XAMPP melainkan masih banyak lagi web server lainnya seperti internet information service, xitami web server, dan  LAMPP. Untuk mengunduh XAMPP sistem operasi Linux dapat mengunjungi link berikut.

https://sourceforge.net/projects/xampp/files/

Setelah file XAMPP berhasil terunduh, berikan hak akses pada file XAMPP yang diunduh menggunakan perintah berikut.

chmod +x nama-fle-xampp-linux

Langkah selanjutnya adalah menginstall XAMPP yang sebelumnya sudah didownload, jalankan perintah sudo direktori/nama-file-xampp lalu installer XAMPP akan muncul seperti gambar dibawah ini.


Saat proses instalasi, tekan next hingga menemui jendela berikut, tunggu proses instalasi selesai, jika loading bar sudah terisi penuh tandanya XAMPP berhasil terinstall pada sistem operasi linux.



Untuk menjalankan XAMPP, eksekusi perintah berikut ini


XAMPP yang diinstall pada sistem operasi linux sekarang sudah dapat digunakan.


2. Praktek TOP dan HTOP
Perintah TOP dan HTOP pada Linux berfungsi untuk memonitoring proses linux atau mengecek proses – proses yang sedang berjalan pada linux. Sehingga untuk mengecek urutan mana aplikasi yang sedang berjalan dan proses apa yang sedang dijalankan kita bisa mengeceknya dengan menggunakan perintah TOP dan HTOP. Untuk praktek TOP dan HTOP dapat dilihat pada gambar berikut.




Gambar pertama merupakan eksekusi perintah top sedangkan gambar kedua merupakan eksekusi perintah htop. Dapat dilihat pada eksekusi top dan htop ditemui beberapa aktivitas yang berjalan pada sistem operasi linux diantaranya yaitu aplikasi musik, browser, dan lainnya, pada penggunaan top dan htop kita dapat menganalisa aktivitas yang berjalan dengan menggunakan multiprogramming. Penggunaan multiprogramming kecepatan proses dan memori akan lambat dan semakin menurun.


Referensi :
I Putu Agus Eka Pratama. 2019. “Materi Pertemuan 4 Network Operating System”. Jimbaran.
Universitas Udayana

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Praktek Instalasi Web server serta Multiprocessing-Network Operating System"

Post a Comment